TERBUKANYA PINTU MA’RIFAT

APABILA ENGKAU DIBUKA OLEH ALLAH DENGAN SUATU PINTU MA’RIFAT MAKA JANGAN BERKECIL HATI KARENA SEDIKITNYA AMAL IBADAH. SESUNGGUHNYA ALLAH INGIN MEMBUKA HATIMU, KARENA IA HENDAK INGIN MEMPERLIHATKAN KEBESARANNYA KEPADAMU. KETAHUILAH BAHWA SESUNGGUHNYA MA’RIFAT ITU DATANGNYA DARI ALLAH, SEDANGKAN AMAL IBADAH ITU DATANG DARIMU. MAKA LEBIH BAIK MANA ANTARA SESUATU YANG DATANG DARI ALLAH DENGAN YANG DATANG DARIMU (HIKMAH 8)

Apabila Allah membukakan satu pintu dari beberapa pintu kema’rifatan untukmu. Dan pintu itu dapat berupa sakit, bencana dan kemiskinan. Dan dengan pintu itu perasaanmu menjadi peka dengan kemahadahsyatan Allah -karena sesungguhnya itu semua adalah sebab untuk mendapatan ma’rifat (mengetahui) Allah ta’ala- mengenai sifat-sifat-Nya seperti maha lembut, maha memaksa, dan lain-lain.

Sesungguhnya pintu-pintu ma’rifat itu benar-benar membangunkanmu dari tidur lupa kepada Allah ta’ala.Dan ketika itu janganlah engkau berputus asa karena sedikitnya amal ibadahmu. Sesungguhnya Allah berfirman di dalam hadits qudsi, “jika Aku menguji hamba-Ku yang mukmin, kemudian ia bersabar dan tidak mengaduh-aduh maka akan Aku ganti daging dan darahnya dengan yang lebih baik dari sebelumnya, dan ia akan terbebas dari dosa-dosanya seperti ia baru dilahirkan.

Diriwayatkan bahwa Allah berkata kepada malaikat pencatat amal, “ketika seorang mukmin sedang sakit maka tulislah semua amal solehnya. Maka benar apa yang dikatakan bahwa Allah tidak membuka satu pintu kema’rifatan kecuali ia ingin memperkenalan kepadamu kebesaran-Nya. Dan tidak diragukan lagi bahwa ma’rifat ini lebih utama dari pada banyaknya amal ibadah yang menuntut adanya ikhlas. Dan manusia sangat sulit untuk mendapatkan ikhlas. (AL-HIKAM)